4 Cara Agar Waktu Commuting Jadi Lebih Produktif

commuter banner

Image source: thecompositioncompany.vsco.co

Bagi warga kota, perjalanan commuting dari rumah menuju kantor bisa memakan waktu 60-90 menit. Jika ditotal, waktu yang dihabiskan para komuter sekitar 180 menit atau 3 jam tiap harinya. Artinya, komuter menghabiskan sekitar 12,5% waktu yang ia mereka miliki tiap harinya hanya untuk pergi dan pulang ke kantor!

Agar waktu commuting tidak terbuang sia-sia, kamu bisa melakukan 4 hal produktif berikut ini:

1. Membaca buku, berita atau artikel online

Membaca merupakan kegiatan positif yang bisa menstimulus otak karena adanya proses berpikir.  Dengan membaca kamu akan belajar banyak hal yang tentunya akan bermanfaat untuk pengembangan diri dan karir. Seperti kata pepatah

“The more you read, the more things you will know.”

Aplikasi Pocket merupakan aplikasi favorit saya untuk membaca artikel online. Dengan aplikasi ini saya bisa menyimpan sebuah artikel atau berita online sehingga saya bisa membacanya secara offline saat commuting.

Untuk membaca buku saya selalu menggunakan aplikasi Kindle di smartphone. Seluruh buku favorit yang saya beli di Amazon langsung bisa di-download dan dibaca lewat smartphone. Simpel dan praktis!

2. Mendengarkan podcast

Saya sering sekali memerhatikan banyak orang memasang headset saat perjalanan commuting. Kebanyakan dari mereka, menggunakan headset hanya untuk mendengarkan musik atau menonton video dari smartphone, yang menurut saya hal tersebut kurang produktif.

Padahal jika waktu commuting digunakan untuk mendengarkan podcast, akan jauh lebih bermanfaat. Contohnya, jika kamu sedang mempelajari bahasa Inggris atau bahasa Perancis, mendengarkan podcast dalam bentuk percakapan akan membantu kamu memahami bahasa asing dengan lebih cepat.

3. Menulis blog

Terkadang saat commuting, ada saja ide-ide brilian yang muncul untuk ditulis di blog. Agar tidak lupa, saya selalu langsung menulis ide tersebut dalam bentuk outline draft di smartphone. .

Sekarang, kebanyakan layar smartphone memiliki layar yang cukup lebar (4-5”). Dengan layar yang cukup lebar, semakin memudahkan kita untuk menulis draft atau outline secara langsung di smartphone.

Aplikasi seperti Google Docs sangat membantu dalam proses menulis on the go di mana nantinya kamu bisa poles kembali artikel tersebut di desktop karena sudah tersinkronisasi secara otomatis. Hal ini sudah saya lakukan sendiri di salah satu artikel blog saya.

4. Membaca email

Dengan membaca email saat commuting ke kantor dapat memberikan waktu bagi kamu untuk memproyeksikan hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan pertama kali saat sampai kantor.

Kamu bisa menyortir email-email mana saja yang penting hingga kurang penting untuk di-follow up. Sehingga, saat kamu sampai di kantor kamu bisa langsung membuat keputusan dan menyelesaikan pekerjaan mulai dari yang penting terlebih dahulu secara berurutan.

Kira-kira apa aktivitas produktif lainnya yang biasa kamu lakukan saat commuting? Silakan berikan comment di bawah ini.

Comments

comments

Comments are closed.