5 Hal Penting yang Berguna Selama di Jepang

Semenjak dikeluarkannya free visa Jepang untuk warga negara Indonesia, saya memerhatikan banyak sekali teman dan kerabat saya yang pergi traveling ke Jepang, termasuk saya. Ada banyak pengalaman baru yang saya dapati selama traveling di Jepang. Mulai dari budaya hingga kiat-kiat praktis hidup di Jepang.

Saya memelajari bahwa traveling ke Jepang akan berjalan dengan lancar apabila kita menggunakan 5 hal berikut ini:

Baca juga: Cara mudah buat visa Jepang

1. Internet

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki koneksi internet tercepat di dunia. Dengan koneksi yang cepat dan stabil, memudahkan siapa pun termasuk traveler untuk browsing informasi selama di Jepang.

Berdasarkan pengalaman, dengan tetap online di Jepang sangat membantu saya untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Informasi dari Google Maps sangat membantu saya untuk mencari rute tercepat serta moda transportasi yang tepat untuk menuju suatu tempat wisata.

Internet menjadi andalan saya karena kebanyakan warga Jepang sangat jarang yang bisa berbahasa Inggris.

Agar kamu bisa selalu online, kamu bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini:

Menyewa wifi portable

Wifi portable sangat tepat jika kamu traveling dalam grup. Satu wifi portable bisa menyediakan data internet untuk beberapa orang. Dengan begitu, biaya sewa bisa menjadi murah.

Beberapa agen travel di Indonesia menyediakan fasilitas penyewaan wifi portable dengan harga mulai dari Rp500.000 untuk 7 hari.

Menggunakan kartu SIM lokal

Kartu SIM lokal bisa dibeli di tanah air maupun saat tiba di bandara lewat vending machine. Dengan harga sekitar 3,180 Yen kamu bisa mendapatkan data internet sebesar 1 GB untuk 15 hari. Salah satu provider yang populer yang bisa kamu gunakan adalah Docomo.

kartu sim lokal jepang

Keuntungan menggunakan kartu SIM lokal adalah jaringannya sangat bisa diandalkan dengan sinyal 4G setiap saat.

Menggunakan fasilitas roaming

Jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa langsung menyalakan fasilitas roaming. Tarif berbeda-beda tergantung provider, biasanya berkisar Rp89.000-149.000 per hari untuk data internet tanpa batas.

Paket ini sangat cocok apabila kamu hanya tinggal sebentar di Jepang. Biaya akan membengkak jika kamu traveling lebih dari 7 hari.

Menggunakan fasilitas free wifi

Hampir di setiap sudut kota di Jepang memiliki fasilitas free wifi, seperti minimarket, bandara, atau stasiun misalnya. Namun untuk menggunakan fasilitas ini kamu harus mengunduh aplikasi Japan Connected-free Wi-Fi dan membuat akun dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Dengan menggunakan fasilitas ini kamu bisa terkoneksi di lebih dari 146.000 free hot spot di Jepang.

2. Kartu PASMO

Akses transportasi umum di Jepang sudah terintegrasi dengan baik. Tak heran warga Jepang menjadikan bus atau pun kereta sebagai moda transportasi andalan untuk aktivitasnya setiap hari. Hal ini tercermin di mana setiap jam sibuk (pagi dan sore), kereta selalu penuh oleh para komuter.

Untuk memudahkan perjalanan menggunakan bus/kereta, kamu wajib mempunyai kartu sakti ini.

kartu pasmo

Ada 2 provider utama yang bisa kamu gunakan, kartu PASMO atau SUICA. Secara umum, tidak ada perbedaan antara kedua kartu tersebut alias fungsinya sama.

Ada 3 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan kartu ini:

Lebih hemat

Dengan menggunakan kartu PASMO, kamu akan dikenakan biaya perjalanan yang lebih murah. Hal ini karena kamu tidak akan dikenakan pembulatan tarif yang biasa dibebankan untuk kartu single trip.

Lebih mudah

Kartu PASMO memberikan kemudahan karena kamu tidak perlu membayar setiap ingin menggunakan kereta. Kamu hanya perlu top up saldo mulai dari 500 Yen dan kelipatan di vending machine yang tersedia di stasiun. Setelah itu, kamu hanya perlu tap kartu di setiap gerbang masuk dan keluar stasiun.

Masa berlakunya panjang

Kartu PASMO masih tetap berlaku hingga 10 tahun sejak top up terakhir kali. Jadi, kartu ini masih bisa kamu gunakan kembali seandainya kamu akan kembali traveling ke Jepang 1-2 tahun yang akan datang.

Kartu PASMO bisa dibeli sesaat kamu tiba di bandara. Di Bandara Haneda, kartu PASMO bisa didapatkan di konter tourist information dengan harga 3.000 Yen (saldo yang didapatkan sebesar 2.500 Yen).

3. Power bank

Kekurangan dari smartphone adalah baterai yang cepat habis. Maka dari itu kamu wajib membawa power bank sebagai back up daya ketika low battery, agar kamu bisa selalu online.

Sekalipun kamu kelupaan membawa power bank, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa membeli emergency power bank ini.

power bank jepang

Power bank ini cukup unik karena dayanya berasal dari baterai sekali pakai. Alat ini bisa kamu beli dengan mudah di minimarket (Lawson, Family Mart, atau Seven Eleven) seharga 2.000-3.000 Yen.

4. Loker

Hampir di setiap stasiun di Jepang memiliki fasilitas loker 24 jam. Loker ini sangat bermanfaat untuk menyimpan sementara jika kamu membawa koper berlebih ketika kamu belum bisa check-in di hotel.

loker di stasiun jepang

Dengan tarif sebesar 400-600 Yen per 24 jam, kamu tidak perlu khawatir barang bawaan kamu hilang.

5. Plug converter

Tiap negara memiliki power plug (lubang colokan listrik) yang berbeda. Untuk itu, kamu wajib membawa plug converter universal agar kamu tetap bisa mengisi daya selama di Jepang.

plug converter universal

Plug converter universal bisa dibeli di toko listrik atau ACE Hardware. Menurut saya, lebih baik menyiapkan plug converter dari Indonesia agar tidak perlu repot membelinya di Jepang.

Punya tips tambahan? Silakan share pendapatmu di comment.

Comments

comments

Comments are closed.