5 Tempat Wisata di Sentul yang Bisa Mengurangi Stress Kamu

Banyak yang bilang hidup di Jakarta itu penuh dengan stress. Stress karena macet di perjalanan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam, stress karena biaya hidup yang tinggi, stress karena rumah kebanjiran, dan masih banyak yang lainnya.

Jika kamu sudah mulai merasa stress menghadapi berbagai problematika hidup di Jakarta, tidak ada salahnya untuk mengurangi penat kamu dengan berlibur. Untuk mendapatkan liburan yang berkualitas, kamu tidak perlu traveling ke tempat yang jauh, karena di daerah pinggiran Jakarta seperti di Sentul, Bogor juga memiliki tempat wisata yang seru. Berikut rekomendasi tempat wisatanya:

Jungleland

Lokasi Jungleland tidak jauh dari Bogor, atau tepatnya berada di Jungleland Boulevard No. 1, Kawasan Sentul Nirwana, Bogor, Jawa Barat. Jungleland memiliki luas sebesar 35 hektar dan terdapat setidaknya 33 wahana permainan.

jungleland

Image credit: @jauw3839

Kamu bisa menjelajah beragam permainan, di antaranya Air Race, Disk’o, dan Ferris Wheel di area Jungleland Adventure Theme Park.

Untuk mencapai Jungleland, kamu bisa menggunakan free shuttle bus yang yang tersedia dengan rute regular Mall Bellanova – Jungleland Theme Park yang dimulai pada pukul 09:00 – 16:00 WIB.

Untuk tiket masuk ke Jungleland, kamu perlu merogoh kocek sebesar:

  • Weekday (Senin-Kamis) pukul 10:00 – 17:00 | Rp165.000/orang
  • Jumat pukul 10:00 – 18:00 | Rp100.000/orang (harga tidak berlaku jumat tanggal merah)
  • Weekend (Sabtu-Minggu) pukul 09:00 – 18:00 | Rp220.000/orang

Pasar Ah Poong

Pasar Ah Poong (baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka dengan pemandangan Sungai Cikeas. Di sini tersedia beragam menu lezat hasil rekomendasi pakar kuliner Bondan Winarno bersama jaringan Food Court Eat & Eat.

ah-poong

Image credit: @sentulcityahpoong

Pasar Ah Poong yang berlokasi di Sentul City ini dapat diakses melalui 2 buah jembatan gantung dari arah seberang Masjid Kamulusia atau dari arah Taman Energi di Eco Art Park (biasanya pengunjung lebih memilih masuk dari arah Eco Art Park).

Pasar Ah Poong buka setiap hari dari hari Senin sampai Jumat pukul 10.00-22.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu & Hari Libur Nasional buka pukul 07.00-22.00 WIB.

Karena buka sejak pagi, kamu bisa mencoba datang ke sini untuk olahraga pagi dan seusainya bisa langsung mengisi perut sambil berwisata kuliner.

Hutan Pinus Gunung Pancar

Gunung Pancar memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Untuk mencapai Gunung Pancar, kamu bisa melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

gunung-pancar

Image credit: @kelvinhosea

Berawal dari Instagram, kini tempat wisata ini menjadi populer. Banyak pengguna Instagram yang membagikan foto-foto dengan latar belakang pohon pinus. Karena itulah tempat wisata ini menjadi viral di media sosial dan akhirnya menarik banyak pengunjung.

Tarif masuk tempat wisata ini cukup murah, hanya dengan Rp2.000 per orang untuk wisatawan lokal. Apabila pengunjung membawa kendaraan,  dikenakan biaya Rp1.000 per motor dan Rp1.500 per mobil.

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari Sentul berlokasi di Desa Bojongkeneng, Sentul, Kabupaten Bogor. Tempat wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat, dan aksesnya cukup mudah karena pengunjung bisa menjangkaunya dengan melewati tol.

air-terjun-bidadari

Image credit: @ratnawati_erna

Air Terjun Bidadari Sentul beroperasi mulai pukul 8:00 WIB dan kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp30.000 dan parkir sebesar Rp5.000. Hati-hati terhadap pungutan liar karena tiket masuk Wisata Air Terjun Bidadari hanya dijual di loket gerbang masuk.

Air Terjun Bidadari memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras. Jika kamu tertarik untuk mengamati air terjun dari dekat, kamu hanya perlu menyusuri tangga dan jembatan yang sudah ada.

Jika ingin berenang, di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang dapat digunakan sebagai lokasi berenang untuk anak-anak. Kedalaman kolam hanya sekitar 30 cm sehingga sangat aman untuk anak-anak.

Selain kolam untuk anak-anak, ada juga kolam untuk dewasa dengan kedalaman air sekitar 1,5 meter. Kedua kolam memiliki air yang jernih tanpa kontaminasi bahan kimia apapun sehingga badan kamu akan terasa lebih segar jika berenang di kolam ini.

Alam Fantasia

Alam Fantasia berlokasi di Bukit Sentul Selatan, Bogor. Suasana tempat wisata ini sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan alami dan buatan.

alam-fantasia

Image credit: @nopnops

Alam Fantasia merupakan sebuah taman yang dilengkapi dengan aneka permainan anak seperti pesawat, go kart, bumper car, battery car, trampolin dan masih banyak yang lain.

Karena banyaknya permainan anak, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Dijamin si kecil pasti akan senang bermain dengan beragam permainan tersebut.

Untuk tiket masuknya pun terbilang cukup murah, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp10.000 (belum termasuk tiket wahana).

Usai berwisata tentunya badan akan terasa lelah. Untungnya di kawasan Sentul terdapat beragam pilihan hotel murah. Lihat di sini untuk daftar lengkap hotel-hotel di Sentul dan pesan langsung lewat aplikasi Traveloka. Kamu bisa lebih berhemat jika pesan di hari Jumat karena setiap minggunya ada diskon hotel-hotel pilihan di promo TGIF Traveloka.

Punya rekomendasi tempat wisata lainnya di Sentul? Silakan share di comment.

Comments

comments

Comments are closed.