8 Lokasi Wisata Paling Menarik di Kyoto

Berbeda dengan Tokyo yang memiliki daya tarik kehidupan urban dan metropoilitan, hal paling menarik dari Kyoto adalah beragamnya situs-situs sejarah dan budaya kota ini. Mulai dari kastil dan beragam kuil ada di kota ini.

Tak heran, kota ini menjadi tujuan wisata favorit bagi rombongan pelajar dari seluruh Jepang dan turis mancanegara.

Berikut adalah beberapa tempat wisata paling populer di Kyoto yang wajib dikunjungi:

1. Mencari ketenangan di Fushimi Inari-taisha

Fusimi Inari-taisha merupakan kuil yang terletak di kaki gunung Inari. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii.

Bentuk torii berupa dua batang palang sejajar yang disangga dua batang tiang vertikal. Bangunan ini umumnya dicat dengan warna merah menyala. Sekitar 10.000 torii berderet-deret di Gunung Inari yang merupakan hasil sumbangan umat. Panjang torii mencapai sekitar 4 kilometer dan butuh waktu sekitar 2 jam berjalan kaki ke atas bukit.

Untuk ke sini, kamu bisa menggunakan kereta dari Stasiun Kyoto dan turun di Stasiun Inari dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

2. Belajar sejarah di Kastil Nijo

Kastil Nijo dibangun sejak tahun 1679 pada zaman Tokugawa. Hingga kini bentuk kastil tidak banyak berubah sehingga turis bisa membayangkan kemegahannya di zaman kejayaannya.

Di tiap ruangan kastil terdapat banyak lukisan dan ilustrasi berupa patung-patung yang memperlihatkan aktivitas apa saja yang dilakukan Shogun (semacam kaisar) bersama dengan prajurit dan permasuirinya. Namun sayang, turis dilarang untuk mengambil foto atau video di dalam kastil.

Cara menuju ke Kastil Nijo dari Staisun Kyoto adalah menggunakan bus yang memakan waktu sekitar 15 menit. Untuk masuk ke dalam kastil, tiket masuknya sebesar 600 yen.

3. Back to nature di Arashiyama Bamboo Groove

Berjalan di antara rindangya pohon bambu memberikan pengalaman yang tidak terlupakan, seakan berada di “dunia lain”. Tak heran lokasi ini sangat populer terutama di kalangan pengguna Instagram yang berwisata ke Kyoto.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan bus (perlu transit 2-3 kali) dari Stasiun Kyoto dan memakan waktu sekitar 45 menit.

4.  Mencari “Zen” di Kinkaku-ji

Serene #JPYTrippp

A post shared by Busyra Oryza (@busyraoryza) on

Kuil Kinkaku-ji atau biasa dikenal dengan kuil emas merupakan kuil Buddha yang diperuntukkan bagi shogun Ashikaga Yoshimitsu sebagai peristirahatan terakhirnya. Warna emas, struktur kuil, dan lokasi kuil yang berada di tengah kolam yang tenang memberikan kesan yang menakjubkan dan tentunya “Instagrammable”.

Untuk masuk ke kuil, kamu perlu membayar sebesar 400 yen. Kuil bisa dijangkau dengan menggunakan bus dari Stasiun Kyoto sekitar 20 menit.

5. Menyapa Geisha di Gion

Geisha, woman of art #JPYTrippp

A post shared by Busyra Oryza (@busyraoryza) on

Geisha bisa ditemui di kawasan hiburan tradisional yang terletak di distrik Gion. Waktu terbaik untuk melihat Geisha adalah saat sore menjelang malam. Jika beruntung, kamu akan melihat beberapa Geisha berjalan melewati gang-gang di Gion untuk menuju tempat kerja mereka.

Untuk menuju ke sini kamu bisa menggunakan bus dari Stasiun Kyoto sekitar 20 menit.

6. Menjelajah kuil Kiyomizudera

Kuil lain yang patut dikunjungi selama di Kyoto adalah Kiyomizudera. Kawasan ini cukup luas dengan terdapat beberapa kuil utama sehingga banyak area yang bisa dijelajahi.

Kuil selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, bahkan bisa cukup padat di waktu-waktu tertentu saat para pelajar (SD-SMA) Jepang study tour ke sini.

Untuk masuk ke dalam kuil, kamu perlu membayar tiket sebesar 400 yen.

7. Santap kuliner di Nishiki Market

Suka makanan seafood? Jangan lupa mampir ke Nishiki Market! Di sini kamu bisa menemukan beragam menu dan bahan makanan dari laut. Para pedagang menjual baik ikan yang masih mentah maupun ikan yang sudah dimasak/digoreng (hanya perlu dipanaskan saja).

Letak Nishiki Market tidak jauh dari Stasiun Kyoto, sekitar 15 menit menggunakan bus.

8. Berfoto di landmark Kyoto Tower

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah berfoto di landmark kota Kyoto! Letaknya sangat dekat dengan Stasiun Kyoto, hanya 5 menit berjalan kaki.

Jika kamu ingin naik ke atas platform viewing menara, kamu perlu membayar tiket sebesar 770 yen.


Punya suggestion lain selain tempat wisata di atas? Silakan berikan komentar di bawah ini.

Comments

comments