Berbahayakah Menjalani Rutinitas?

 

routine

Pertanyaan ini telah beberapa kali menghantui benak saya belakangan ini. Berbahayakah jika kita selalu menjalani rutinitas yang sama setiap hari?

Seperti dikutip oleh Henri de Lubac.

Habit and routine have an unbelievable power to waste and destroy

What? Sebegitu dahsyatnya kekuatan sebuah kebiasaan/rutinitas sehingga jika kita terjebak ke dalam rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat hidup kita sia-sia.

Apakah kamu juga sedang merasakan hal yang sama? Apakah perlahan rutinitas yang kamu jalani mulai menggerogoti hidupmu?

Apakah rutinitas itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rutinitas berasal dari kata rutin yang memiliki arti prosedur yang teratur dan tidak berubah-ubah. Prosedur tersebut adalah tahapan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi jika bisa disimpulkan, rutinitas adalah sebuah kegiatan yang terus-menerus yang dilakukan secara teratur dan tidak berubah untuk mencapai tujuan/program tertentu.

Poin penting dari pengertian rutinitas adalah kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus dan seringkali adalah hal yang sama. Dalam waktu singkat mungkin rutinitas tidak membuat kejenuhan berarti, namun apabila rutinitas dilakukan dalam waktu yang lama tentunya mulai timbul rasa jenuh, bosan, bahkan stress.

Rutinitas = monoton.

Kenapa kita patuh terhadap rutinitas?

Pertanyaannya, kenapa kita bisa terjebak dan patuh terhadap rutinitas yang sama setiap hari?

Jawabannya mungkin karena rutinitas itu sudah begitu teratur dan terstruktur. Bukankah kita menyukai hal-hal yang sudah teratur dan terstruktur? Keteraturan menciptakan zona nyaman (dunia yang tidak chaos) dan cenderung kita menyukai hal tersebut.

Rutinitas bisa menyebabkan…

Rutinitas menyebabkan kita senang akan menjalani hidup yang mudah, teratur, dan kurang tertantang. Jika disimpulkan, rutinitas bisa menyababkan sebagai berikut ini:

  1. Membuat kita lebih malas
  2. Sering merasa bosan
  3. Membuat hidup kurang berwarna (tidak ada cerita yang menyenangkan)

Cara mengubah rutinitas

Lalu bagaimana cara kita agar tidak selalu terjebak dengan rutinitas yang sudah sebegitu nyamannya? Ada beberapa cara/tips mudah yang bisa kita lakukan, di antaranya:

  1. Pergi traveling

    Traveling bisa jadi obat paling manjur untuk mengatasi kebosanan akan rutinitas. Pesan tiket pesawat dan langsung pergi traveling (jangan terlalu lama berpikir dan planning trip), temukan hal baru di tempat tujuan.

  2. Hang out dengan teman/orang baru

    Berkenalan dan mengobrol dengan orang baru akan mengubah cara pandang dan akan menumbuhkan ide baru. Bergaul dengan orang yang sama secara terus-menerus dapat membuat kehidupan sosial kita stagnan.

  3. Bekerja di tempat yang baru

    Jika kantor kamu memperbolehkan untuk bekerja dari luar, cobalah untuk bekerja dari café/taman. Suasana bekerja yang baru akan menumbuhkan ide baru  dan lebih fresh.

  4. Ganti waktu rutinitas

    Jika biasanya kamu olahraga saat pulang bekerja, cobalah berolahraga sebelum berangkat kerja.

  5. Ganti rute ke tempat kerja

    Tidakkah kamu bosan berangkat ke kantor melalui rute yang sama selama bertahun-tahun? Cobalah untuk berangkat ke kantor dengan rute baru, atau jika biasanya menggunakan kendaraan pribadi, cobalah untuk berangkat menggunakan kendaraan umum.

  6. Ganti kebiasaan makan

    Jika biasanya kamu makan di luar, cobalah untuk memasak makananmu sendiri. Memasak sendiri juga akan lebih menghemat uang.

  7. Ganti jadwal makanan

    Jika biasanya kamu selalu tepat waktu untuk makan, cobalah untuk melambatkan waktu makan 1-2 jam. Begitu juga sebaliknya apabila kamu biasanya telat makan, cobalah untuk tepat waktu saat waktu makan tiba.

  8. Matikan televisi

    Ganti waktu menonton televisi dengan membaca buku-buku baru.

  9. Baca hal yang berbeda

    Cari sumber bacaaan yang berbeda tiap minggunya. Bisa mencari dari blog, buku, atau berita online.

Manfaat mengubah rutinitas…

Jika kamu sudah menerapkan tips-tips di atas, coba lihat perbedaannya sebelum dan sesudah kamu mengubah rutinitas. Hidupmu akan:

  1. Lebih fleksibel
  2. Tidak lagi monoton
  3. Menemukan ide kreatif baru
  4. Jadi lebih berwarna dan menarik
  5. Tidak stress (mood jadi lebih terjaga)

The less routine, the more life

-Amos Bronson Alcott

Source: A life of blue

Have something to add? Please comment below

Comments

comments

Comments are closed.