Serunya Festival Songkran 2016 di Bangkok

Hampir di setiap negara, perayaan tahun baru identik dengan pesta kembang api. Namun, warga Thailand menyambut tahun baru tradisional (Songkran) mereka dengan cara yang berbeda.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Songkran, simak informasi di bawah ini.

Apa itu Songkran?

Songkran adalah sebuah perayaan tahun baru Thailand dari tanggal 13 hingga 15 April. Selama 3 hari, warga Thailand akan melakukan selebrasi dengan perang air.

Sebelumnya, tradisi perang air berawal dari tradisi orang-orang yang saling mencipratkan air bekas mencuci patung dengan tujuan mendapatkan berkat dan keberuntungan di tahun yang baru, serta membersihkan diri dari segala keburukan.

Selama Songkran, orang-orang berduyun-duyun menggunakan berbagai alat seperti ember, gayung, pistol air, atau selang air untuk menyiram orang-orang yang lewat di jalan.

Lokasi Songkran

Jika kamu ingin berpartisipasi dalam perang air selama Songkran, kamu bisa mengunjungi kawasan Silom dan Khao San Road. Kedua lokasi tersebut adalah lokasi terpopuler bagi wisatawan untuk berpartisipasi dalam perang air. .

Festival perang air di kedua lokasi tersebut dimulai sejak siang hari hingga malam hari. Menurut saya, suasana paling heboh saya dapatkan di Khao San Road pada malam hari. Selain perang air, lantunan musik hip-hop dan dance di sepanjang jalan membuat suasana semakin hidup di mana orang-orang larut akan suasana hingar bingar musik dengan berjoget mengikuti irama musik.

Keseruan Songkan

Berikut adalah beberapa dokumentasi berupa video dan foto tentang keseruan festival Songkran 2016.

keseruan songkran

Semua orang tumpah ruah di Jalan Silom menyemarakkan Festival Songkran. Terdapat beberapa panggung-panggung yang semakin memeriahkan suasana dengan musik dance.

DCIM100GOPROG0194990. Processed with VSCOcam with a9 preset

Selama Songkran, banyak pedagang yang menjual pistol air. Hargnya mulai dari 100 THB hingga 350 THB tergantung besar pistolnya.

pistol air songkran

Suasana ramai seperti ini hanya bisa didapati saat Festival Songkran. Jalanan Silom padat akan manusia yang saling berjejal dalam festival Songkran. Perhatikan barang bawaanmu apabila kamu membawa barang elektronik (handphone atau kamera).

.
.

Semua orang bersorak riang mengikuti irama dan dentuman musik saat Songkran.

songkran

Hal paling seru saat Songkran adalah kamu bisa menembakkan pistol air ke siapa pun tanpa membuat orang tersebut marah/kesal.

tim songkran

#TeamSongkran berpose di arena perang air. Say cheese!

Punya pengalaman seru saat mengikuti festival Songkran juga? Silakan share di comment. 🙂

Comments

comments

Comments are closed.