Tips dan Catatan Perjalanan Singapura

tips taking a trip to Singapore

Jalan-jalan ke Singapura enaknya ke mana ya? Mungkin di antara kamu ada yang berencana ke Singapura dalam waktu dekat tapi masih bingung mau ke mana saja nantinya selama di Singapura.

Berikut ini adalah objek wisata GRATIS di Singapura yang patut kamu kunjungi serta cara menuju ke sana (berdasarkan pengalaman saya).

Patung Merlion
Inilah landmark legendaris Singapura yang dibangun sejak tahun 1972. Katanya sih kalau ke Singapura dan tidak berfoto di sini belum afdol.

Ya, tempat ini adalah tempat terbaik untuk mengabadikan momen Singapura kamu. Di sini semua landmark Singapura bisa terlihat, mulai dari Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Esplanade Theater, dan ArtScience Museum.

Biasanya patung ini mengeluarkan air mancur dari mulutnya, namun sayang saat saya datang ke sini sedang dilakukan pemugaran.

Cara menuju ke sini kamu bisa menggunakan Mass Rapid Transpostation (MRT) lalu turun di Raffles Place Station. Dari sini, lokasi landmark sudah dekat. Cukup berjalan kaki selama kurang lebih 10-15 menit melewati jembatan.

Marina Bay Sands dan Garden By The Bay
Kalau kamu mau menikmati indahnya suasana malam hari di Singapura, maka dua lokasi ini sangat cocok untuk kamu. Apalagi jika kamu penggemar fotografi, tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen cantiknya Singapura di malam hari.

Marina Bay Sands

Garden By The Bay Singapore

Marina Bay Sands merupakan simbol kemodernitas dan kemewahan Singapura. Hal ini bisa dilihat dari desain arsitektur eksterior serta interior Marina Bay Sands yang sangat mengagumkan. Marina Bay Sands sendiri adalah hotel, kantor, mall dan kasino dalam satu tempat. Luxury at its best!

Jika kamu tertarik untuk bermalam di hotel ini, kamu perlu merogoh dompet cukup dalam. Untuk rate satu malamnya sekitar Rp 7 juta, namun hal tersebut sepadan dengan apa yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa menikmati indahnya pemandagan kota Singapura dari infinity pool (kolam  renang) yang berada di puncak gedung.

Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan MRT lalu turun di Bayfront Station. Lokasi terbaik untuk menikmati indahnya Marina Bay Sands dan Garden By The Bay adalah di jembatan pengamatan yang terletak di atas Bayfront Avenue.

Timelapse Singapore Bayfront Avenue
Bayfront Avenue

Masjid Sultan
Buat kamu yang beragama muslim kamu patut mengunjungi masjid terbesar di Singapura ini. Kemegahan arsitektur masjid ini akan membuat siapapun takjub. Sempatkanlah untuk beribadah salat di sini, kamu akan takjub dengan desain interior masjid yang luas dengan langit-langit yang tinggi.

masjid ultan singapore

Saat saya mengunjungi masjid ini ternyata sedang dilakukan renovasi oleh para pekerja bangunan. Selain itu, turis non muslim pun ternyata juga tertarik untuk mengunjungi masjid ini. Saya melihat ada segerombolan turis dari Cina dengan guide-nya yang menjelaskan tentang masjid ini.

Lokasi masjid berada di Bugis. Cara menuju ke sini sangat mudah, kamu bisa menggunakan MRT lalu turun di Bugis Station. Dari stasiun kamu bisa berjalan kaki sekitar 10-15 menit ke arah Jalan Haji Lane.

Sentosa Island
Sentosa Island adalah tempat yang tepat untuk kamu yang memang mencari wahana hiburan menyenangkan di Singapura. Kurang lebih Sentosa Island berkonsep sama seperti Dunia Fantasi (Dufan) yang ada di Jakarta.

Tempat yang paling banyak dituju oleh wisatawan adalah Universal Studio Singapore. Bola dunia Universal Studio jadi tempat wajib untuk berfoto. Sepertinya hal ini cukup mainstream dilakukan oleh wisatawan, mulai foto selfie, foto group, dll.

Universal Studio Singapore
Took one selfie pic will not harm anyone :p

Kalau mau cari oleh-oleh bisa mampir ke toko Hershey’s yang terletak dekat dengan bola dunia Universal Studio. Berbagai macam bentuk dan rasa coklat yang lezat ada di sini. Harga coklatnya bervariasi mulai dari 4 SGD.

Cara paling mudah menuju ke Sentosa Island adalah dengan menggunakan MRT. Kamu bisa turun di Harbourfront Station lalu menyambung perjalanan dengan Sentosa Express yang letak stasiunnya berada di puncak Vivo Mall. Tarif Sentosa Express untuk perjalanan pergi pulang (pp) adalah 4 SGD.

Sommerset Skatepark
Nah kalau objek wisata ini cocoknya untuk kamu yang suka olahraga ekstrem. Di Sommerset Skatepark kamu bebas untuk bermain skateboard, BMX, atau skuter dengan gratis.

Sommerset Skatepark

Saya sendiri sangat senang bermain skate di sini karena obstacle (rintangan) di sini cukup lengkap. Ada half pipe, quarter pipe berbagai ukuran, flat rail, ledges, pyramid dan banks. Menurut saya skatepark ini merupakan tempat skating terbaik yang pernah saya datangi.

Seluncuuur #skatelife #SkateboardingIsFun

A post shared by Busyra Oryza (@busyraoryza) on

 

Kalau capek, kamu bisa bersantai-santai di pinggir taman. Tersedia meja piknik dan payung, taman ini juga dikelilingi oleh pohon rindang. Tempat yang sempurna untuk bersantai.

Lokasi taman ini sangat strategis dan mudah dijangkau. Cukup dengan menggunakan MRT lalu turun di Sommerset Station.

Tempat makan murah di Singapura

Setelah membahas objek wisata gratis di Singpura, sekarang saatnya membahas tempat makan halal di Singapura yang murah (berdasarkan pengalaman saya). Kalau mau cari makanan halal dan murah di Singapura kunjungi lokasi berikut ini.

Geylang
Di Geylang saya menemukan restoran makanan Indonesia yang murah meriah. Lokasi tempat makan ini berada dekat dengan hotel tempat saya menginap di Fragrance Hotel-Ruby.

Rumah Makan Indonesia di Singapore
Menemukan warteg di Singapura :p

Menu yang ditawarkan rumah makan ini kurang lebih mirip seperti di warteg yang sering kita jumpai di pinggir jalan. Ada ayam, ikan serta lauk pauk lainnya yang bisa kita pilih sendiri.

Menu yang saya pilih adalah telor dadar, tahu serta nasi dengan harga hanya 1 SGD. Porsinya sedang tidak terlalu banyak tapi cukup untuk membuat kamu kenyang.

Anehnya saya pesan es teh manis (tea o ice) di warung makan sebelahnya justru harganya lebih mahal daripada harga makanan saya, yakni 1.30 SGD.

Selain rumah makan Indonesia ini, kamu juga bisa mencoba kuliner lainnya seperti rumah makan India yang menawarkan roti prata seharga 1 SGD saja. Roti prata adalah kuliner berbahan dasar adonan terigu yang dipanggang dan disajikan dengan kuah kari. Cara menyantapnya adalah dengan mencocol roti dengan kuah kari yang kaya akan bumbu. Hidangan ini sangat cocok untuk camilan di siang atau malam hari.

roti prata
Rorti Prata

Bedok
Saat saya jalan-jalan ke Bedok saya menemukan warung makan halal India bernama Al-Bismi. Lokasi warung makan ini berada sekitar 5 menit berjalan kaki dari MRT Bedok Station.

rumah makan halal di Singapore

Menu yang saya coba di tempat makan ini adalah nasi briyani. Secara kasat mata, menu ini terlihat seperti nasi goreng. Bedanya adalah, nasi briyani memiliki bumbu-bumbu khas india seperti kare dan  kunyit.

nasi briyani
Nasi briyani dengan ayam goreng

Harga satu porsi nasi briyani adalah 5.5 SGD ditambah dengan es teh manis (tea o ice) seharga 1 SGD.

Pengeluaran biaya

Total biaya yang saya keluarkan untuk trip 4 hari 3 malam di Singapura sekitar Rp 1.700.000. Detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Tiket pesawat (berangkat) AirAsia Rp 66.000 (tiket promo)
  2. Tiket pesawat (pulang) Jetstar Rp 700.000
  3. Airport tax di Bandara Soekarno Hatta Rp 150.000
  4. Akomodasi hotel Fragrance Ruby di Geylang  untuk 2 malam Rp 700.000 (patungan berdua @ Rp 350.000)
  5. Akomodasi makan, transport, dll di Singapura saya hanya membawa uang sebesar 100 SGD (rate Rp 9.500 per 1 SGD). Saat pulang ke Indonesia masih bersisia 29 SGD

Tips jalan-jalan ke Singapura:

  1. Untuk berkeliling kota Singapura JANGAN pernah gunakan taksi karena tarifnya mahal. Gunakanlah MRT atau bus karena tarifnya yang murah. Menggunakan MRT dan bus di Singapura juga cukup mudah karena sudah terintegrasi dengan baik. Informasi rute serta peta sekitar MRT juga dapat diperoleh dengan mudah di tiap stasiun. Disarankan kamu membeli karu MRT untuk turis. Harganya 12 SGD berisikan saldo 7 SGD. Kalau kamu pakai kartu ini tarifnya lebih murah daripada kartu sekali jalan (single trip).
  2. Untuk memudahkan komunikasi dan agar bisa tetap online, belilah SIM card singapura. Provider rekomendasi saya adalah Singtel, karena koneksinya yang stabil dan lancar. Harganya 15 SGD dengan nilai pulsa sebesar 18 SGD. Cukup untuk membeli paket internet 1 GB selama 1 minggu.SIM card ini bisa dibeli dengan mudah di Seven Eleven. Untuk membeli SIM card, kamu akan diminta menunjukkan paspor untuk proses registrasi.
  3. Perhatikan sikap selama di Singapura, jangan buang sampah sembarangan, makan minum di MRT atau bus, meludah sembarangan, merokok bukan pada tempatnya, dll. Kalau kamu melanggar, bisa-bisa kamu akan dikenakan denda yang tinggi.
  4. Jika naik eskalator gunakan sisi kiri. Jangan berdiri dan berdiam di sisi kanan eskalator, karena sisi ini biasanya digunakan untuk orang yang ingin lewat.
  5. Kalau mau cari hidangan halal di Singapura rekomendasi terbaik adalah dengan makan di warung makan India atau Indonesia. Biasanya mereka menyediakan makanan halal.

Comments

comments

Comments are closed.