Wisata Kuliner di Surabaya? Jangan Lupa Kunjungi 6 Tempat Makan Berikut Ini

Menurut saya hal yang paling seru saat jalan-jalan ke Surabaya adalah wisata kulinernya!

Kenapa? Karena saya telah mencoba 6 tempat makan di bawah ini dan semuanya memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari rasa, suasana, hingga harga yang beragam, membuat saya ingin kembali bertandang kota pahlawan untuk mencicipinya lagi.

1. Soto Lamongan Cak Har

soto-lamongan-cak-har

Soto Lamongan Cak Har merupakan soto lamongan terlezat yang pernah saya coba (sejauh ini)! Kuahnya terasa penuh warna dan segar di lidah. Ditambah dengan taburan koya membuat kuahnya jadi lebih kental. Sangat pas untuk menu santap siang.

Selain rasanya yang enak, harga soto lamongan ini juga murah meriah. Harga untuk satu porsi soto + nasi + es jeruk manis hanya sekitar Rp25.000.

Letak Soto Lamongan ini berada di Jl. Arief Rachman Hakim, dekat dengan Institut Teknologi Surabaya.

Soto Lamongan Cak Har sangat terkenal di kalangan wisatawan sehingga selalu ramai setiap hari terutama saat akhir pekan.

2. Es Krim Zangrandi

zangriadi

Saat siang hari, cuaca kota Surabaya terkenal sangat terik dan menyengat. Maka dari itu kamu perlu mendinginkan suasana dengan mencicipi es krim lezat yang satu ini, Es Krim Zangrandi.

Letaknya sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota yakni di Surabaya Town Square.

Es Krim Zangrandi menawarkan varian rasa yang beragam. Mulai dari rasa strawberry, coklat, kopi, hingga buah-buahan tersedia di sini. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp20.000-100.000.

Katanya Es Krim Zangrandi sudah ada sejak 1930 lho!

3. Kepiting Cak Gundul

kepiting

Kalau Balikpapan terkenal akan restoran Dandito dengan menu kepitingnya yang lezat, Surabaya juga tak mau kalah dengan Kepiting Cak Gundul yang menyajikan menu seafood dan kepiting andalan.

Kalau makan di sini sebaiknya kamu makan secara grup, karena porsinya yang disajikan cukup banyak (selain itu, kamu juga bisa patungan, karena harganya cukup mahal :D).

Kepiting Cak Gundul terletak di Jalan Raya Kupang Indah dan mulai buka dari jam 11:00 hingga 23:59 WIB.

4. Historica Coffee

historica-coffee

Ingin cari coffee shop yang cozy di Surabaya? Historica Coffee jawabannya.

Saat saya berkunjung ke sini pada November 2015 lalu, tempat ini baru saja dibuka oleh pengelolanya. Jadi, suasananya cukup  santai karena masih sedikit masyarakat yang mengetahui tempat ini.

Jika kamu memiliki waktu luang di Surabaya, tidak ada salahnya mencicipi cafe latte sambil membunuh waktu sejenak di sini.

Letak Historica Coffee berada di Jalan Sumatra, dekat dengan Harris Hotel Gubeng sekitar 5-10 menit berjalan kaki.

5. Rawon Kalkulator

Tempat makan yang satu ini membuat saya penasaran karena namanya yang unik. Selain itu, beberapa kerabat asli Surabaya merekomendasikan saya untuk mencoba makan di sini.

Sekilas, saya perhatikan tempatnya tidak ada yang terlalu spesial karena sangat sederhana layaknya warung makan kaki lima. Dari segi rasa juga tidak terlalu berbeda dengan menu rawon pada umumnya.

Ternyata hal yang membuat Rawon Kalkulator unik dan menarik adalah saat kita membayar pesanan. Sesaat kita menyebutkan daftar makanan dan minuman yang dipesan, sang pedagang akan menghitung pesanan kamu dengan gaya bicara yang cepat seakan hitungannya sudah diluar kepala. Cara kerjanya mirip kalkulator.

Letak Rawon Kalkulator sangat mudah dijangkau karena berada di area Taman Bungkul Surabaya.

6. Seventeen Lounge Surabaya

lounge

seventeen-louge

Seventeen Lounge Surabaya terletak di lantai 17 Hotel Harris Gubeng. Tempat makan ini cukup populer di Surabaya karena tempatnya yang sangat Instagrammable.

Jumat malam adalah waktu yang paling tepat kalau kamu mau berkunjung ke sini karena akan ada live music jazz yang akan menemani makan malam kamu. Selain menunya yang lezat, suasana Seventeen Lounge memanjakan mata pengunjung dari segi desain interior dan pemandangan cantik kota Surabaya.

Menu yang disajikan sangat bervariasi mulai dari chinese, western, hingga tradisional dengan harga mulai dari Rp50.000-an.

Punya cerita tempat makan menarik di Surabaya? Silakan share di comment!

Comments

comments

Comments are closed.