Buat Paspor Baru atau Perpanjang Paspor? Online Saja! Prosesnya Cepat dan Mudah

paspor baru Republik Indonesia

Hari ini (19/01) paspor saya sudah jadi diperpanjang! Yeaay, siap untuk bertualang ke luar negeri nih hehehe! Pada proses perpanjangan ini, adalah merupakan pertama kalinya saya menggunakan layanan online dari kantor imigrasi.

Saya melakukan perpanjangan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I khusus Jakarta Selatan. Ternyata prosesnya sangat cepat dan mudah! Tidak seperti dulu lagi yang butuh waktu lama mulai dari antri hingga butuh berkali-kali datang ke kantor imigrasi untuk mengurus dokumen dan wawancara.

Per tahun 2013, kantor imigrasi telah menerapkan sistem online untuk setiap pembuatan paspor dengan konsep one stop service atau hanya perlu sekali datang. Dengan adanya pembaruan layanan ini, sangat memudahkan bagi para aplikan untuk mendapatkan paspor dengan cara mengurus sendiri tanpa mengandalkan calo lagi.

Bagaimana langkah-langkah cara membuat paspor baru dan cara memperpanjangnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Daftar secara online

Pertama kamu harus mengakses website resmi kantor imigrasi dan mendaftarkan diri dengan mengisi data yang diperlukan. Tidak butuh waktu lama untuk pengisian data, kira-kira hanya 5 – 10 menit saja.

Setelah isi data, kamu akan mendapatkan konfirmasi pembayaran sejumlah uang yang harus kamu bayar. Print lampiran yang kamu terima di email dan bawa ke bank untuk proses pembayaran.

Bayar biaya pendaftaran di teller atau ATM BNI

Datanglah ke teller atau ATM BNI untuk melakukan pembayaran. Kamu akan diberikan batas waktu sampai 5 hari kerja untuk melakukan pembayaran. Jika melewati batas waktu tersebut data kamu akan dihapus dan tidak bisa diproses lebih lanjut, sehingga kamu harus mengulangi langkah pendaftaran dari awal lagi.

Berikut ini adalah daftar biaya untuk pembuatan paspor baru atau perpanjangan paspor:

  • E-paspor (paspor elektronik): Rp 655.000
  • Paspor biasa 48 halaman: Rp 355.000
  • Paspor biasa 24 halaman: Rp 155.000

Simpan dengan baik tanda terima dari teller atau struk ATM untuk selanjutnya kamu bawa ke kantor imigrasi sebagai bukti pembayaran.

PS: Keuntungan kalau buat e-paspor adalah kamu akan mendapatkan bebas visa jika pergi ke Jepang!

Konfirmasi pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, segera lakukan konfirmasi dengan klik link yang kamu terima di email saat melakukan pendaftaran. Klik link tersebut dan isi data yang diminta, setelah itu tentukan waktu kedatangan sesuai dengan jadwal kamu.

Setelah itu, kamu akan menerima konfirmasi berupa lampiran di email. Print lampiran tersebut dan bawa pada saat waktu kedatangan di kantor imigrasi.

suasana kantor imigrasi jakarta selatan
Suasana kantor imigrasi Jakarta Selatan

Datang ke kantor imigrasi untuk ambil foto, sidik jari, dan wawancara

Setelah konfirmasi waktu kedatangan, datanglah ke kantor imigrasi yang sesuai dengan pemilihan di pendaftaran awal. Sebaiknya pilh kantor imigrasi yang dekat dengan domisili kamu, walaupun sebenarnya untuk proses aplikasi tidak harus sesuai dengan domisili.

Sampai di kantor imigrasi, proses aplikasi sedikit lagi selesai. Rata-rata kantor imigrasi di Jakarta telah menerapkan sistem one stop service, jadi pada saat kedatangan di kantor imigrasi, kamu hanya tinggal ambil foto, sidik jari, dan wawancara saja. Pada saat wawancara dan pemeriksaan berkas pun tidak butuh waktu lama hanya sekitar 10 menit saja.

Paspor diproses, tunggu selama 3 hari kerja

Setelah selesai wawancara, paspor kamu akan jadi setelah 3 hari kerja. Proses pengambilan paspor dilakukan setelah jam makan siang pukul 13:00-16:00. Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran saat nanti mengambil paspor ya.

Berikut ini adalah TIPS agar pembuatan atau perpanjang paspor kamu semakin mudah dan nyaman:

Persiapkan semua dokumen secara lengkap

Dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Akta kelahiran asli dan fotocopy
  • Kartu keluarga asli dan fotocopy
  • KTP asli dan fotocopy
  • Bukti pembayaran
  • Paspor asli dan fotocopy (halaman depan dan belakangnya saja)

Dokumen di atas adalah dokumen yang disiapkan untuk melakukan perpanjangan paspor yang habis masa berlakunya. Sebaiknya untuk lakukan fotocopy di koperasi imigrasi saja, karena petugasnya sudah tahu dokumen apa yang harus di-copy.

Datang lebih awal

Disarankan untuk datang lebih awal. Kantor imigrasi buka mulai pukul 08:00, sebaiknya datang tepat waktu atau kalau bisa setengah jam sebelum buka. Pengalaman saya datang pukul 08:10 dan saya dapat nomor antrian 67. Dari proses antri sampai wawancara saya menuggu kurang lebih 2 jam.

PS: Ada kuota yang ditetapkan oleh kantor imigrasi untuk proses pembuatan paspor. Kantor imigrasi hanya melayani 100 orang pertama tiap harinya untuk aplikasi paspor ini. Jadi kalau kuotanya sudah habis kamu harus datang lagi besoknya. Kalau kamu mau cepat selesai wajib datang on time!

Sedikit catatan untuk pembuatan paspor

  1. Untuk mendaftar online kamu bisa klik di sini.
  2. Detil tentang harga dan kelas paspor bisa dilihat di sini.
  3. Alamat kantor imigrasi ada di Jl. Warung Buncit Raya No. 207 Jakarta Selatan 12790 patokannnya adalah dekat dengan halte busway imigrasi. Info lengkapnya di sini.

Happy traveling!

Punya pengalaman atau pendapat lain? Silakan tambahkan di comment.

Comments

comments

Comments are closed.